Komponen SIM

Komponen SIMAda tiga komponen dasar dalam mengembangkan Sistem Informasi Manajemen yaitu :

1. Organisasi

Organisasi adalah hal utama dalam pengembangan sistem informasi.  Cikal bakal sistem informasi adalah organisasi. Dari sinilah timbul kebutuhan akan informasi yang akurat dan benar yang akan digunakan menjalankan misi dan mencapai visinya. Pada umumnya tidak semua organisasi dapat merumuskan misi dan visinya dengan benar. Oleh sebab itu dalam konteks pengembangan sistem informasi, pengembang sistem harus memahami bidang pekerjaan yang dilakukan oleh suatu organisasi. misalnya bidang pekerjaan sebuah bank adalah melakukan simpan pinjam uang, bidang pekerjaan sebuah rumah sakit adalah melaksanakan rawat inap dan rawat jalan pasien, bidang pekerjaan sebuah hotel adalah penyewaan ruangan dan seterusnya.

2. Teknologi

Teknologi utama yang digunakan untuk pengembangan sistem informasi adalah teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.  Teknologi komputer terdiri dari teknologi hardware, software, database dan lain – lain. Sementara teknologi telekomunikasi terdiri dari teknologi komunikasi, jaringan komputer, internet dan lain – lain. Semuanya itu saling berinteraksi membentuk sistem informasi.

3. Data

Data adalah fakta yang dapat disajikan oleh sejumlah atribut secara terstruktur yang terekam dalam dokumen–dokumen standard. Setiap organisasi membutuhkan data – data yang spesifik untuk menjalankan misi dan mencapai visinya.  Data – data tersebut dikumpulkan kemudian dibentuk menjadi dokumen – dokumen untuk menjalankan organisasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s